Sunday, December 28, 2014

Aksi Peretas Sony Pictures, Bocorkan Banyak Dokumen Rahasia

Menjelang akhir tahun 2014, Sony Pictures diguncang skandal serangan hacker yang membocorkan dokumen rahasia ke publik. Tak tanggung tanggung, aski peretas yang diduga dari Korea Utara yang menamakan Guardians of Peace (GOP)  ini berhasil mencuri informasi rahasia perusahaan tersebut seperti gaji petinggi Sony dan karyawannya yang berjumlah 6.000 orang, rencana film baru yang akan dirilis, laporan keuangan, password penting sampai kumpulan email pribadi antar pimpinan Sony dengan sejumlah orang penting. 

Pemerintah AS menduga motif peretasan ini dilatarbelakangi upaya mengagalkan penayangan  film The Interview yang berkisah tentang upaya pembunuhan Korea Utara, Kim Jong Un. Dalam film tersebut, memang diperlihatkan kematian Kim Jong Un yang dihantam misil saat menumpangi sebuah helikopter. Potongan adegan film tersebut sempat muncul di Youtube dan namun kemudian sesaat langsung dihapus

Sony Pictures pun kelabakan terhadap ulah peretas yang sangat merugikan perusahaan mereka dan meminta media untuk tidak ikut ikutan mempublikasikannya. Bahkan Sony mengancam akan memperkarakan media yang ikut  menyebarkan dokumen rahasia tersebut ke publik. Berikut ini adalah 10 dokumen rahasia dari Sony Pictures yang berkaitan dengan film dan dibagi bagikan peretas ke media :

1. Sony Pictures Berencana Membuat Ulang The Amazing Spider-Man
Kabar mengejutkan ini diketahui setelah peretas berhasil membobol email pribadi dan dokumen rahasia tentang pembicaraan untuk membuat versi ulang The Amazing Spider-Man yang dibintangi Andrew Garfield menyusul sekuelnya kurang begitu sukses. Dokumen rahasia berjumlah 8 halaman tersebut berisi negosiasi Sony dan Disney yang ingin membuat ulang trilogi baru The Amazing Spider-Man. Jika rencana ini terwujud, berarti Andrew Garfield akan dipecat sebagai pemeran Spider-Man.  

2. Spider-Man Sempat Direncanakan Akan Muncul di  Captain America: Civil War.
Petinggi Marvel yang diwakili Disney dikabarkan bernegosiasi dengan Sony untuk membawa Spider-Man ke film Captain America : Civil War. Namun, rupanya Sony masih belum melepaskan Spider-Man menjadi bagian dari Marvel Cinematic Universe. Diketahui juga, Sony tengah menyiapkan sebuah film animasi Spider-Man terbaru yang disutradarai Chris Miller dan Phil Lord, duo sutradara dibalik sukses film The Lego Movie. 

3. Naskah Cerita Film James Bond, Spectre Ikut Dicuri

Naskah awal dari cerita film Spectre telah dibobol peretas dari komputer Sony Picture. Produsen film itu mengkhawatirkan pihak ketiga yang menerima data film itu bakal mengumbar konten ke publik. Disebutkan cerita film Spectre merupakan informasi rahasia Metro-Goldwyn-Mayer (MGM) Studios and Danjaq LLC, perusahaan induk Eon Production.

4. Film Tentang Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un, The Interview' Batal Dirilis, Obama Kecewa
Pasca peretasan di tubuh internal Sony Pictures Entertainment mengakibatkan pembatalan perilisan The Interview yang dijadwalkan dirilis 25 Desember 2014. Keputusan ini tentu membuat Presiden Amerika Serikat, Barrack Obama kecewa. Obama menggangap Sony Pictures telah melakukan kesalahan, seharusnya Sony berkonsultasi dulu dengannya. Setelah menuai protes dari Presiden, Sony yang tadinya bersikeras membatalkan menayangkan film komedi dewasa yang dibintangi James Franco ini, akhirnya  bersikap melunak dengan merilis filmnya pada hari Natal kemarin di sejumlah bioskop secara terbatas. 

5. Idris Elba Direncanakan Sebagai James Bond Berikutnya?
GOP berhasil mencuri email pribadi petinggi Sony Pictures, Amy Pascals. Diketahui dalam email tertanggal 4 Januari 2014 itu berisi pembicaraan antara Amy Pascals dengan Elizabeth Cantillon, mantan eksekutif Columbia Pictures yang membahas soal pemeran baru James Bond. Dalam email tersebut, Amy  sempat menyebutkan nama  aktor Idris Elba yang akan memerankan James Bond berikutnya setelah Daniel Craig. Seperti yang sudah diketahui, saat ini James Bond diperankan Daniel Craig dan akan muncul di Spectre, November 2015. Craig masih terikat dengan 1 film Bond lagi setelah Spectre.  

6. Sony Berencana Mempertemukan  '21 Jump Street' dan 'Men in Black' 
Salah satu email lain dari Amy Pascal yang terkuak adalah pembicaraan untuk mempertemukan 21 Jump Street dan Men In Black dalam satu film. Kedua film tersebut merupakan seri film produksi Sony yang sangat sukses secara komersil. Dari isi email tersebut diketahui filmnya akan kemungkinan dirilis pada 2016 atau 2017.

7.  Lokasi Pembuatan Film Biopic Steve Jobs Terkuak
Film tentang mendiang CEO Apple, Steve Jobs menjadi sasaran berikutnya. Sebuah informasi mengenai lokasi pembuatan film biopik yang disutradarai Danny Boyle ini diketahui akan mengambil lokasi di  dua auditorium, restoran dan, sebuah garasi seperti yang dibocorkan hacker. Bocoran lokasi syuting ini didapat dari email sang penulis cerita Aaron SorkinMendiang Steve Jobs akan diperankan  Michael Fassebender yang dikenal perannya sebagai Magneto dalam seri X-Men.

8.  Film Annie dan Fury dibajak
Ulah hacker ini membuat kerugian besar bagi Sony lantaran membajak dua film keluaran Sony yakni Annie dan Fury yang baru saja tayang di bioskiop Dua film tersebut bisa diunduh secara gratis di situs situs download gratis seperti  BitTorrent. Menurut data yang dihimpun, film Fury sudah diunduh lebih dari 1,2 juta kali dan Annie diunduh sebanyak 206.000 kali. Tak hanya itu,  tiga film lain Sony juga ikut dibajak yakni  Mr. Turner, Still Alice dan To Write Love On Her Arms. Apesnya, dua diantara film tersebut ada yang belum tayang dan sudah diunduh secara ilegal. 

9. Sony Berencanakan Mempertemukan 'Django Unchained' dan 'Zorro' 
Email lain yang tak kalah seru dan mengejutkan lainnya adalah rencana Amy Pascal dan Quentin Tarantino yang ingin mempertemukan  Django Unchained dengan Zorro. Saat  Comic-Con 2014 lalu, Quentin Tarantino sempat mengumumkan dirinya bekerjasama dengan Dynamite Entertainment untuk membuat sekuel komik Django Unchained yang juga akan menampilkan karakter klasik Zorro. Buku komik tersebut sudah diterbitkan November lalu, namun dari bocoran dokumen rahasia Sony kemungkinan akan membuat film dari komik tersebut. Ini terungkap dari email lain Amy tertanggal 3 November lalu, yang menyukai komik The Django/Zorro dan menganggapnya sangat keren.

10. Film Lain 'Ghostbusters' Tengah Dibuat, Dibintangi Channing Tatum  dan Chris Pratt
Saat disibukkan dengan pemberitaan mengenai pencarian pemeran wanita film baru Ghostbuster yang akan tayang 2016. Sebuah informasi baru terkuak. Dalam email tersebut, disebutkan Sony akan membuat sebuah spin-off dari seri Ghosbuster dengan bintang Channing Tatum and Chris Pratt. Kedua aktor ini pernah bekerjasama dalam sebuah film komedi indie, 10 Years. Email lainnya antara petinggi Columbia Pictures, Hannah Minghella  dan petinggi Sony, Amy Pascal menyebutkan Anthony Russo dan Joe Russo (Captain America: The Winter Soldier) akan memproduseri film tersebut bersama  rekan Channing Tatum, Reid Carolin.  Diketahui, Sony menginginkan versi spin-off ini dibuat seperti waktu ketika Christopher Nolan membuat lebih gelap film Batman di Batman Begins. (TS)

No comments:

Post a Comment