Monday, August 8, 2016

9 Fakta Menarik Seputar 'Suicide Squad'

Film Suicide Squad sudah tayang sejak hari Rabu (3/08/16) di seluruh bioskop tanah air dan Jumat (5/08/16) di Amerika Serikat. Film adaptasi dari komik DC ini mendapat review buruk dari sejumlah kritikus. Tentu saja ini membuat fans DC marah besar. Debat panas pun terjadi di dunia maya.  Berikut ini adalah sejumlah fakta menarik yang berhasil dirangkum selama sepekan ini :

1. Baru Tayang 3 Hari, Raih 133 Juta USD
Meskipun mendapat review buruk dari Rotten Tomatoes, namun bukan berarti film ini tidak laku. Justru sebaliknya, di awal pemutarannya sukses mengantongi 65,3 Juta USD, hari ke-2 sebesar 38,8 Juta USD dan hari ke-3 sebesar 31 Juta USD. Sebelumnya di hari Kamis saat pre-show  mengantongi 20,5 Juta USD. Memang ada terjadi penurunan signifkan di dua hari setelah tayang perdana. Seperti yang dilansir dari Box Office Mojo, total pendapatan diraih selama 3 hari tayang adalah 133 Juta USD dan bertengger di puncak box office. Sementara untuk perolehan keuntungan di tangga box office dunia sudah mencapai 271,1 Juta USD. Diperkirakan pendapatannya akan terus bertambah dalam beberapa hari kedepan dan melewati biaya produksi 175 Juta USD

2. Terancam Tidak Tayang di Tiongkok
Warner Bros kini menghadapi masalah baru. Film tentang super villain ini terancam dilarang tayang di Tiongkok. Sebabnya terkendala izin dari badan sensor film setempat yang menilai film ini sarat dengan adegan kekerasan. Warner Bros sendiri sudah mencari jalan keluar dengan memberikan rating PG-13 dari sebelumnya rating Restriced yang mengizinkan remaja berusia minimal 13 tahun untuk menonton bersama orang yang lebih tua. Jelas ini membuat Warner Bros meradang sebab Tiongkok yang merupakan pasar film terbesar kedua di dunia menjadi harapan Warner Bros untuk mengeruk keuntungan. Lihat saja, film Warcraft yang hanya meraih 47,2 Juta USD di peredaran domestik, namun laris manis di Tiongkok dengan perolehan 220,8 Juta USD. Film superhero lainnya yang sempat dilarang adalah Deadpool dan reboot Ghostbuster. 

3. Petisi Tutup Rotten Tomatoes

Abdullah Coldwater, seorang fans DC Comics dari Mesir membuat petisi untuk menutup situs Rotten Tomatoes yang dianggap memberikan review buruk dengan nilai 26%. Tentu saja review negatif ini mengundang kemarahan sejumlah fans garis keras DC. RT dianggap lebih berpihak pada film film Marvel. Sebagai perbandingan film Batman v Superman: Dawn of Justice juga mendapat review buruk dengan total angka 27%, sementara film dari kubu sebelah Marvel, Captain America: Civil War mendapat nilai sempurna 90%. Petisi ini kemudian ditandatangani puluhan ribu orang dari seluruh dunia. Selang beberapa hari, pembuatnya menghentikan petisi ini karena menyadari tak mungkin menutup situs RT dan menganggap petisi ini sebagai pesan ketidaksetujuan untuk RT atas review-nya.

4. David Ayer Berteriak F*ck Marvel!
Saat premier film Suicide Squad di kota New York, sutradara David Ayer sempat keceplosan berucap F*ck Marvel di hadapan sejumlah penonton. Penghinaan Ayer ini mengundang reaksi keras dari sejumlah fans Marvel dan netizen. Tak lama kemudian, David Ayer meminta maaf atas insiden tersebut lewat akun Twitter miliknya. Bos Marvel, Joe Quesada merespons pernyataan Ayer ini dengan kata kata menyejukkan. Quesada meminta fans Marvel untuk tidak marah. Ia bahkan menulis dirinya tidak sabar untuk menonton Suicide Squad dan mendoakan yang terbaik untuk Ayer.



5. Pembunuh Robin Ternyata Bukan Joker, Tapi .....

Ini adalah salah satu easter egg yang menarik dalam perkembangan DCEU. Selama ini kita mengira pembunuh Jason Todd alias Robin, partner Batman adalah Joker (Jared Leto). Terlebih ada adegan dimana Batman memandangi kostum Robin yang dicoret coret Joker "Ha ha ha! Joke’s on you, Batman!” di film Batman v Superman : Dawn of Justice. Namun ternyata dugaan itu salah besar, pembunuh sebenarnya adalah Harley Quinn (Margott Robbie), pacar Joker. Dalam adegan awal saat Amanda Waller menunjukkan berkas para penjahat, salah satunya adalah Harley Quinn yang akan direkrut untuk menjadi pasukan bunuh diri Task Force X. 

Di berkas tersebut tercantum Harley Quinn ditangkap karena membunuh Robin. Kematian Robin menjadi salah satu cerita penting dalam komik “A Death in the Family” di tahun 1988. Dalam komik tersebut, Joker lah yang membunuh Robin. Karakter Harley Quinn saat itu belum ada, hingga ia muncul di salah satu episode serial Batman : The Animated  berjudul 'The Joker’s Favor' di tahun 1992. Jadi jelas, ada perbedaan cerita dalam DCEU ini. Setelah 20 tahun kematian Robin, ia kembali muncul sebagai Red Hood dan diduga akan muncul di film solo Batman yang dibintangi dan disutradarai Ben Affleck.

6. Jared Leto Ungkap Banyak Adegan Joker Yang Dihapus di Filmnya
Banyak penonton yang kecewa lantaran adegan Joker di film ini sedikit, tidak seperti yang di gembor gemborkan dalam promosi trailernya. Pemeran Joker, Jared Leto dalam sebuah wawancara menyebutkan banyak adegan Joker yang dipotong dalam filmnya. Menurutnya, adegan yang dipotong ini akan ditampilkan di versi Blu-ray dan DVD. Warner Bros memberikan tanggapan kehadiran Joker yang minim di film Suicide Squad hanya untuk perkenalan Joker baru. Penjahat ini memang disiapkan untuk film solo Batman berikutnya. Porsi adegan Joker yang sedikit diakui Warner Bros karena Suicide Squad menfokuskan pasukan Task Force X bukan Joker, sehingga tidak mengaburkan plot cerita. Penampilan Joker dalam film ini ada sekitar 15 menit dan kebanyakan menjadi backstory Harley Quinn. 

7. Diam Diam Ada 1 Adegan Yang Disutradarai Zack Synder
Kita tahu Zack Synder duduk sebagai produser eksekutif di film ini bersama sang istri, Deborah Synder. Namun rupanya ada 1 adegan yang disutradarai Zack Synder ini. Adegan itu menampilkan adegan flashback Captain Bommerang (Jai Courtney) yang sedang merampok sebuah bank dan ditangkap The Flash (Ezra Miller). Uniknya, meskipun keduanya bertemu di 1 adegan, namun sebetulnya mereka tidak bertemu dan syuting dilakukan di tempat berbeda. David Ayer mengambil gambar Jai Courtney di Hollywood, sementara Zack Synder mengambil gambar Ezra Miller di London. Setelah menyutradarai Man of Steel dan Batman v. Superman : Dawn of Justice, Synder juga menyutradarai film gabungan superhero DC, Justice League yang akan dirilis tahun depan. 

8. Adegan Slipknot Ditangkap Wonder Woman Tidak Ditampilkan
Bagi yang sudah menonton, Slipknot (Adam Beach) menjadi anggota Task Force X yang pertama mati duluan dengan penampilannya yang hanya sebentar. Sebelum ia bergabung dengan Task Force X, memang tidak diceritakan bagaimana ia bisa tertangkap oleh A.R.G.U.S. Ia tiba tiba saja muncul. Nick De Semlyen dari Empire berhasil membongkar sejarah Slipknot dari pemerannya, Adam Beach lewat Twitter. Adam Beach menceritakan sebelum ia tertangkap oleh A.R.G.U.S, dirinya sempat mencekik Wonder Woman. Meskipun Wonder Woman tidak muncul di Suicide Squad, namun terkuak sudah Slipknot merupakan penjahat yang ditangkap Wonder Woman.

9. Celana Pendek Harley Quinn Yang Terlalu Seksi

Harley Quinn adalah salah satu karakter paling mencuri perhatian di film ini. Dandanannya yang super seksi, dengan kaos ketat dan celana pendek memang sangat menggoda. Di film aslinya, pacar Joker ini mengenakan hotpants pendek yang  lebih terlihat seperti celana dalam dan memperlihatkan lekukan bokongnya. Berhubung film ini berating PG-13, pihak studio kemudian menyensor bagian bokong Harley Quinn dengan efek photoshop sehingga tampak Harley mengenakan celana pendek.

The Story
Dikisahkan setelah peristiwa di Batman v Superman: Dawn of Justice, pemerintah mencoba menentukan sikap terhadap alien  jahat yang mengunjungi Bumi. Seorang agen pemerintah bernama Amanda Waller (Viola Davis) menawarkan merekrut penjahat super yang memiliki kemampuan mematikan dan kekuatan super dengan tawaran mengurangi masa hukuman mereka. Target pertamanya adalah seorang arkeolog wanita bernama June Moone/Enchantress (Cara Delevingne) yang sering mengalami kerasukan. Ketika kota Midway terancam oleh musuh mistis yang sangat kuat, rencana Waller mendapat restu.

Ia mengajak sejumlah tahanan berbahaya di penjara Belle Reve Penitentiary, Louisiana seperti Deadshot (Will Smith), Harley Quinn (Margot Robbie), Diablo (Jay ­Hernandez), Katana (Karen Fukuhara), Captain Boomerang (Jai Courtney), Slipknot (Adam Beach) dan Killer Croc ­(Adewale Akinnuoye-­Agbaje). Kelompok penjahat super yang kemudian dikenal dengan nama Suicide Squad atau Task Force X ini dipimpin  oleh Rick Flag (Joel Kinnaman). Mereka hanya punya pilihan, patuhi  perintah atau mati. Lantaran ada bom buatan Wayne Enterprises yang ditanamkan di leher mereka. Namun, misi mereka sedikit terganggu dengan ulah penjahat terkenal kota Gotham, Joker (Jared Leto), yang memiliki sejumlah rencana besar. Menariknya, Batman akan muncul di film ini sebagai cameo. Bahkan ada rumor beredar menyebut Batman adalah musuh sebenarnya di Suicide Squad.

Film adaptasi dari komik DC ini  disutradarai dan ditulis ceritanya oleh David Ayer yang sebelumnya sukses menggarap film perang Fury. Charles Roven (trilogi The Dark Knight dan Batman v Superman: Dawn of Justice. dan Richard Suckle (American Hustle) akan memproduseri film ni. Sementara Zack Snyder, Deborah Snyder, Colin Wilson, dan Geoff Johns duduk di kursi produser eksekutif.   Suicide Squad dibintangi Will Smith, Margot Robbie, Jared Leto, Jai Courtney, Joel Kinnaman, Cara Delevingne, Viola Davis, dan Jay Hernandez. Film ini sudah tayang 5 Agustus 2016 lalu. (TS)

No comments:

Post a Comment