Wednesday, October 12, 2016

Disney Berjanji Semua Pemain Film Live Action 'Mulan' Adalah Bintang Asia

Setelah pengumuman pembuatan live action Mulan yang akan dirilis 2 November 2018, Disney bergerak cepat. 

Sebuah blog Angry Asian Man membuat sebuah surat terbuka untuk Disney perihal bocornya naskah cerita asli The Legend of Mulan yang ditulis Lauren Hynek dan Elizabeth Martin. Dalam cerita tersebut menfokuskan seorang pedagang Eropa berusia 30 tahunan yang datang ke China untuk mencari kenikmatan uang dan wanita. Satu satunya alasan kenapa ia membantu tentara Kekaisaran Cina karena ia menaruh hati pada Mulan. Ceritanya tentu dianggap melenceng dari literatur legenda Mulan selama ini.

Menanggapi surat terbuka tersebut, Disney membantahnya dan menyebut semua peran utama adalah orang Cina. "Mulan akan selalu menjadi karakter utama dalam cerita dan semua peran utama termasuk kekasih Mulan adalah seorang pria Cina". tulis Disney. 

Ketakutan dan kegusaran para fans tentu beralasan. Pasalnya, belajar dari film sebelumnya seperti Doctor Strange dan Ghost in the Shell, Hollywood tega mengganti peran karakter Asia menjadi aktor berkulit putih atau bule dan sangat kontras dengan versi aslinya yang bersumber dari komik. Film The Great Wall yang dibintangi Matt Damon juga tak luput dari protes serupa.  

Sebelumnya Mulan sudah hadir dalam bentuk animasi di tahun 1998 dan hasilnya cukup sukses dengan meraup keuntungan $304 juta di seluruh dunia. Kesuksesan film pertamanya berlanjut pada sekuelnya di tahun 2004. Dilansir dari The Hollywood Reporter, Disney  sudah menetapkan jadwal rilis film Mulan pada 2 November 2018. Hingga saat ini belum diumumkan siapa pemeran Mulan dan sutradaranya. Saat ini Disney diketahui akan menggelar casting besar-besaran untuk mencari aktris Cina yang cocok memerankan Mulan. Naskah ceritanya akan ditulis ulang oleh Rick Jaffa dan Amanda Silver (Dawn of the Planet of the Apes)  dari penulis sebelumnya, Lauren Hynek dan Elizabeth Martin.

Film Mulan diangkat dari legenda terkenal Cina yang bercerita tentang seorang gadis biasa bernama Hua Mulan (disuarakan  Ming-Na Wen) yang terpaksa menyamar menjadi prajurit laki laki untuk menggantikan posisi ayahnya untuk pergi berperang. Dengan bantuan seekor naga kecil, Mushu (Eddie Murphy) yang menjadi temannya, Mulan menjelma menjadi seorang pendekar yang tangguh dan pemberani. (TS)

Berita Terkait :
- Disney Bakal Rilis Film Live Action 'Mulan' Pada 2018

No comments:

Post a Comment